BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W
BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Recent

Bookmark

Mahasiswa KKN UIN Khas Jember Menggelar Sosialisasi Anti-Bullying di SMP 04 Bangsalsari: Membangun Kesadaran dan Kebersamaan Melawan Perundungan

Pena Laut -
Tugusari, 01 Maret 2024 - Perundungan atau bullying merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif di setiap aspek kehidupan seseorang, mulai dari kesehatan mental hingga kesejahteraan emosional. Untuk mengantisipasi maraknya kasus bullying, sekolompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS) telah mengambil inisiatif dengan menggelar Sosialisasi anti-bullying di SMP 04 Bangsalsari, tepatnya di Dusun Perkebunan, Desa Tugusari.

Dalam berlangsungnya acara Sosialisasi tersebut, para Mahasiswa menyajikan materi yang berkaitan dengan pengertian Perundungan atau Bullying, jenis-jenis Bullying, dampak Bullying bagi korban dan pelaku, serta cara bagaimana mencegah agar tidak terjadi maraknya kasus bullying. Para Mahasiswa tidak hanya menyajikan materi saja, mereka juga menggunakan pendekatan yang interkatif dan menarik dengan memadukan beberapa permainan dan quiz yang edukatif agar para siswa tidak mengalami kebosanan.

Salah satu Mahasiswa KKN, Agung, menjelaskan beberapa pentingnya kesadaran para siswa untuk mencegah kasus Bullying dikalangan para pelajar. "Pada masa sekarang, Bullying merupakan masalah yang harus diperhatikan untuk semua kalangan. Dibalik ejekan dan perundungan, juga ada rasa sakit dan trauma yang bisa menghancurkan masa depan dan harga diri seseorang," Ujar Agung Mubarok.

Acara Sosialisasi ini juga dihadiri beberapa Kepala Sekolah, para guru, serta siswa dan siswi di SMP 04 Bangsalsari. Kepala Sekolah, Bapak Amin, menyambut baik kegiatan Sosialisasi ini. "Kami berterimakasih banyak kepada para Mahasiswa KKN yang telah peduli dengan masalah Bullying. Kami berharap dengan adanya kegiatan Sosialisasi ini, para siswa lebih memahami pentingnya menghormati perbedaan dan menjaga lingkungan sekolah yang aman dan nyaman untuk semua pelajar di SMP 04 Bangsalsari," Ungkap Bapak Amin.

Para siswa dan siswi terlihat antusias mengikuti kegiatan Sosialisasi ini, mereka sangat aktif berdiskusi dan bertanya tentang bagaimana cara mengatasi kasus Bullying di lingkungan sekitar mereka. Setelah kegiatan sosialisasi selesai, para Mahasiswa KKN UIN Khas jember juga membagikan beberapa hadiah dan camilan untuk para siswa.

Dengan kegiatan Sosialisasi ini, diharapkan para siswa semakin sadar akan bahaya bullying dan berusaha untuk mencegah agar tidak terjadi di lingkungan mereka. Para Mahasiswa KKN UIN Khas Jember juga mengajak para siswa untuk menanamkan semangat untuk menjaga lingkungan yang aman, nyaman, ramah dan inklusif bagi semua siswa di SMP 04 Bangsalsari.

Kerjasama antara Mahasiwa, Sekolah, Serta Masyarakat menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari perundungan. Dengan kesadaran bersama, kita bisa menciptakan masa depan yang lebih baik untuk generasi penerus bangsa.


Oleh: Emha Ghifari (Mahasiswa UIN KHAS Jember, Fakultas Syariah)
Posting Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak