BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W
BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Recent

Bookmark

Pemuda: Berperan Untuk Baper

Pemuda Berperan

Pena Laut
- Sebelumnya, penulis mau tanya baper menurut kalian, tuh, apa sih?

Bawa perasaan? Bukan, bukan itu artinya

Ada yang tahu?

Oke penulis kasih tahu aja, deh. Jadi baper itu singkatannya adalah bawa perubahan. Nah, sudah tahu, kan?

Jadi baper itu gak melulu artinya bawa perasaan, ya, salah satu singkatan lainnya yaitu bawa perubahan ini.

Terus kalau berperan itu apa ada arti lain?

Terus maksud judulnya itu apa?

Ssstt.. lanjut ajalah ke pembahasan langsung!

Pemuda itu adalah calon generasi penerus bangsa, yang dimana pemuda itu memegang peranan besar dan penting untuk terwujudnya cita-cita suatu bangsa. Nah, dalam peranan tersebut, pemuda diposisikan sebagai agen perubahan, merubah segala tatanan hidup yang belum sesuai, baik dari bidang, pendidikan, agama, ekonomi, politik maupun sosial. Pemuda itu dijuluki sebagai tonggak peradaban bangsa. Mereka yang menjadi penentu masa depan bangsa, karena rusaknya para pemuda mengakibatkan hancurnya suatu bangsa.

Dari dulu sebelum kemerdekaan, pemuda sudah ikut berperan besar dalam meraih sebuah kemerdekaan mulai dari dibentuknya sebuah organisasi, sampai ikut berperang juga melawan para penjajah. Bahkan sampai saat ini pun, peran pemuda tidak lepas begitu saja, hanya saja yang membedakan adalah masalah yang dihadapinya. Bukan lagi soal peperangan bersenjata, melainkan peperangan melawan dirinya sendiri yang masih sering terbelenggu oleh maraknya pergaulan bebas yang banyak menimbulkan kesengsaraan, dan masih mudah terbelenggu juga oleh budaya-budaya pengaruh barat yang berdampak pada kebudayaan lokal yang makin memudar, serta munculnya degradasi moral, akhlak, dan ideologi, yang perlahan juga mengubah pola hidup berbangsa dan bernegara mereka. Sejatinya pemuda yang dibutuhkan seuatu bangsa adalah pemuda yang memiliki ilmu IPTEK dan IMTAQ yang berkualitas dan mumpuni, pemuda yang mampu berfikir kritis, pemuda yang sadar terjadi adanya masalah kemudian bertindak untuk memecahkan masalah, pemuda yang sadar akan perannya sebagai agen pembawa perubahan suatu bangsa, dan pemuda yang selalu siap dan tegas menghadapi segala kondisi terjadi serta mampu membuat keputusan yang tepat.

Cukup segitu dulu ya, kalau ada kesalahan dan kekurangan, penulis minta maaf dan terima kasih juga buat yang sudah baca, semoga bisa bermanfaat.

Oleh: Natalia
Posting Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak