BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W
BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Recent

Bookmark

Tujuan PMII dan Usaha PMII Berdasarkan Anggaran Dasar PMII

Tujuan PMII
Pena Laut
- Berbicara tujuan PMII merupakan poin mendasar yang harus diketahui oleh para kader PMII, karena sangat tidak mungkin organisasi besar seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia didirikan tanpa tujuan.

Sejak awal PMII didirikan pada 17 April 1960 berdasarkan Anggaran Dasar PMII Bab II pasal 2 berasaskan Pancasila, sedangkan sesuai Bab III Pasal 3 PMII bersifat keagamaan, kemahasiswaan, kebangsaan, kemasyarakatan, independen dan profesional.

Tujuan PMII

Adapun tujuan PMII tertuang Anggaran Dasar PMII, Bab IV pasal 4 yaitu “Terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertakwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya serta komitmen memperjuangkan cita - cita kemerdekaan Indonesia”.

Kemudian selain tujuan, pada Bab IV pasal 5 juga tertulis daripada usaha PMII yang harus dilakukan bagi siapapun yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan islam terbesar di Indonesia ini.

Usaha PMII

Adapun usaha daripada PMII adalah (1) Menghimpun dan membina mahasiswa Islam Indonesia sesuai dengan sifat dan tujuan PMII serta peraturan perundang - undangan dan paradigma PMII yang berlaku.

(2) Melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam berbagai bidang sesuai dengan asas dan tujuan PMII serta mewujudkan pribadi insan ulul albab.

Baiklah, berdasarkan tulisan diatas tentang usaha PMII nomor dua, PMII berusaha untuk mewujudkan pribadi insan ulul albab.

Adapun yang dimaksud dengan pribadi insan ulul albab berdasarkan penjelasan dari Anggaran Dasar PMII adalah sebagai berikut.

Makna Pribadi Insan Ulul Albab

Pribadi insan ulul albab adalah seseorang yang selalu haus akan ilmu, dengan senantiasa berdzikir kepada Allah SWT, berkesadaran historis primordial atas relasi Tuhan-manusia-alam, berjiwa optimis transendental sebagai kemampuan untuk mengatasi masalah kehidupan, berpikir dialektis, bersikap kritis dan bertindak transformatif.

Baiklah kami rasa cukup penjelasan tentang tujuan PMII, usaha PMII berdasarkan Anggaran Dasar PMII yang sudah kami tuliskan di atas, semoga bisa bermanfaat dan salam pergerakan.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak