BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W
BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Recent

Bookmark

Guna Meningkatkan Kualitas UMKM Masyarakat Sumbergondo, Mahasiswa KKN IAI Ibrahimy Adakan Pelatihan




KKN IAI Ibrahimy Kelompok 12, Desa Sumbergondo, Glenmore
Memasuki minggu ke empat, tepat pada hari Senin 14 Agustus 2023 Mahasiswa Institut Agama Islam Ibrahmy Genteng yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 12 mengadakan pelatihan UMKM dengan mengusung tema “Strategi pemasaran untuk bisnis lokal”

Kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Gunungsari Desa Sumbergondo tersebut, dihadiri oleh para pelaku usaha Desa Sumbergondo. anggota PKK, kepala Desa Sumbergondo; Bapak H. Noerman Iswandi, kepala Dusun Gunungsari; Bapak Edi Purwadi dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 12; Bapak Anshari, M.H.

Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan sebagai respon atas fakta-fakta sosial ekonomi yang ditemukan oleh para mahasiswa selama masa KKN di Desa Sumbergondo. Pasalnya, diketahui banyak sekali pelaku UMKM yang mengalami stagnasi sampai dengan laju penjualan yang tidak stabil, atau terbilang musiman.

Menjawab persoalan tersebut mahasiswa KKN 12 IAI Ibrahimy Genteng mengajak pelaku UMKM Dusun Gunungari Desa Sumbergondo untuk sharing session terkait starategi pemasaran bisnis lokal.

Muhammad Nurul Ikrom, selaku pemateri menyampaikan berbagai hal yang dapat dilakukan dalam menyiasati persaingan pasar, mulai dari bagaimana agar nama atau UMKM menjadi familiar sampai dengan praktik langsung pemanfaatan media-media online untuk penjualan produk.

Bapak H. Noerman Iswandi, selaku kepala desa mengapresiasi langsung adanya kegiatan pelatihan ini, beliau menuturkan “yang mengikuti pelatihan ini diharap akan menjadi mentor di setiap RW masing-masing”.

Dengan adanya pelatihan ini pelaku UMKM di Desa Sumbergondo kedepannya diharap mampu menyiasati persaingan pasar dengan memanfaatkan platform-platform digital yang ada, guna meningkatkan dan mempertahankan bisnis lokal yang dimiliki masyarakat Desa Sumbergondo.


Oleh: Nur Laili
Posting Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak