BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W
BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Recent

Bookmark

Mahasiswa KKN dari Ibrahimy Tawarkan Produk Susu Murni Kambing Etawa Guna Mencegah Stunting

Susu kambing etawa
Pena Laut
- Guna mencegah stunting, mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Panjen, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, tawarkan Produk Susu Murni Kambing Etawa.

Mahasiswa KKN dari kampus Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng - Banyuwangi itu, berusaha membantu menekan angka stunting di Banyuwangi yang masih tinggi, dengan mengkonsumsi susu kambing.

M. Zulfi Ardiansyah sebagai koordinator kelompok 19, mengatakan, mengkonsumsi susu kambing merupakan salah satu cara untuk mencegah stunting, mengingat khasiatnya yang banyak.

"Mengkonsumsi susu kambing etawa bisa mencegah stunting, karena mengandung kalsium dan protein sangat tinggi. Sehingga bisa menjaga kesehatan tulang, menjaga kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan mencegah stunting," terang Zulfi.

Pada Selasa (09/08/2023), Tim KKN Kelompok 19 juga sempat mensosialisasikan beberapa sampel botol susu kambing etawa di SDN 5 Jambewangi, dengan tema “Pencegahan Stunting Sejak Dini”.

Adapun alasan yang mendasari Zulfi dan kelompoknya memilih untuk fokus pada pemanfaatan susu kambing, karena melihat masyarakat setempat bekerja sebagai petani dan peternak, khususnya kambing etawa.

Dan kemudian para mahasiswa KKN itu memilih untuk fokus pada pemberdayaan potensi di bidang peternakan, yaitu pemanfaatan susu kambing etawa.

Dari situ Zulfi dan beberapa teman dikelompoknya melakukan survey ke lokasi peternakan kambing etawa milik kepala Dusun Panjen, Imam pada Minggu (30/07/2023) dan mendapatkan edukasi dari pemilik.

"Saat kami melakukan survei lokasi, kami mendapatkan pembelajaran tentang kambing etawa dan sempat praktek memerah susu kambing secara langsung," ungkap Zulfi.

Mereka juga berhasil melakukan eksperimen untuk mengolah susu kambing, yang awal mulanya dikenal bau, kurang enak untuk dikonsumsi menjadi enak dan disukai oleh semua kalangan mulai dari anak kecil hingga orang tua.
Susu kambing etawa
Semntara itu Imam yang sebagai salah satu petrnak yang juga kepala Dusun Panjen, mengungkapkan kalau saat ini penjualan susu kambing sedang mengalami penurunan

Berbeda saat masa pandemi Covid-19, penjualan susu kambing sangat tinggi bahkan menyebabkan stok susu kambing etawa ditempatkan habis.

"Dulu waktu Covid-19 pembeli sangat banyak, sampai saya kehabisan stok, karena dipercaya bisa mengalahkan Corona, tapi sekarang penjualan menurun," jelas Imam.

Dari permasalahan tersebut, kelompok 19 akhirnya berkomitmen untuk membantu pemasaran susu kambing, yang juga sekaligus untuk meningkatkan meningkatkan perekonomian masyarakat di Dusun Panjen.

"Kami akan berusaha membantu pemasaran susu kambing etawa, melalui berbagai cara seperti melakukan promosi di pal platform digital seperti sosial media," ucap Zulfi.

"Kami berharap program ini bisa terus berlanjut dan mampu menstabilkan pemasaran susu kambing, serta masyarakat sadar akan pentingnya mengkonsumsi susu kambing sebagai salah satu cara pencegahan stunting," pungkasnya. (Zul)
Posting Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak