BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W
BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Recent

Bookmark

Inilah 10 Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

Manfaat Organisasi

Pena Laut
 - Sebelum berbicara perihal manfaat organisasi, kami sarankan untuk membaca artikel tentang pengertian organisasi, tujuan dan konsep organisasi, bagi anda yang belum memahami tentang itu semua.

Namun, abaikan saja jika anda sudah mendalami tentang itu semua, silahkan lanjut membaca artikel ini untuk mengetahui manfaat organisasi bagi mahasiswa atau pemuda.


Baiklah sahabat, organisasi sudah bukan lagi barang asing lagi dimana keberadaanya diyakini memberikan banyak manfaat bagi mereka yang mau aktif dan belajar didalam organisasi.

Secara singkat organisasi menjadi sebuah media berekspresi bagi anda yang berkeinginan untuk meningkatkan kualitas diri sesuai dengan minat ataupun bakat yang anda miliki.

Tanpa berpanjang berikut berbagai manfaat yang akan anda dapatkan jika aktif di organisasi saat menjadi mahasiswa.

10 Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

Berikut kumpulan manfaat organisasi bagi mahasiswa:

1. Memperluas Wawasan

Wawasan atau pengetahuan bisa anda dapatkan dimana saja, termasuk di organisasi, karena lingkungan organisasi banyak kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan ilmu pengetahuan.

Nantinya anda akan disuguhkan dengan kegiatan seperti kajian, diskusi, seminar, dialog dan lain sebagainya untuk menunjang kebutuhan tambahan pengetahuan sebagai mahasiswa.

Jadi jika anda memilih aktif berorganisasi, bisa dipastikan dalam kebutuhan ilmu pengetahuan tidak akan kurang dan pastinya akan wawasan yang lebih luas.

Namun perlu diingat wawasan yang anda dapatkan tidak akan jauh dengan jenis organisasi yang anda ikuti.

Misalkan anda mengikuti organisasi kerohanian islam, sedikit banyak wawasan anda tentang dunia keislaman pasti bertambah.

2. Membangun Jiwa Kepemimpinan (Leadership)

Jiwa kepemimpinan harus dimiliki oleh siapapun karena hal itu sangat dibutuhkan seperti dalam dunia kerja dan lain sebagainya

Kita tahu menjadi seorang manusia dituntut untuk menjadi seorang pemimpin, minimal untuk diri sendiri maupun orang lain atau kelompok.

Mengingat pentingnya jiwa kepemimpinan, sehingga dalam organisasi anda akan dilatih bagaimana menjadi seorang pemimpin atau seorang leader yang baik.

Berbagai pembelajaran tentang kepemimpinan akan anda dapatkan di dalam organisasi mulai dari bagaimana menyelesaikan sebuah masalah dan menentukan sebuah keputusan.

Kemudian tidak luput juga anda akan belajar banyak strategi dalam menjadi seorang pemimpin, di mana anda berusaha mengedepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

3. Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Menjadi orang yang memiliki rasa tanggung jawab pasti akan diajarkan jika anda bergabung dalam suatu organisasi, karena anda akan mendapatkan amanah atau tugas - tugas organisasi.

Dari berbagai amanah yang diberikan oleh organisasi, anda akan berlatih menjadi orang yang bertanggung jawab dengan cara menjalankan semua amanah tersebut dengan baik.

Dari pembelajaran tersebut sangat memungkinkan sekali rasa tanggung jawab tersebut akan terbangun, sehingga tidak menutup kemungkinan anda akan mudah diterima dimanapun setelah selesai menjadi mahasiswa.

4. Meningkatkan Kemampuan Publik Speaking

Tidak semua orang mampu untuk berkomunikasi dengan baik saat didepan umum, sehingga publik speaking menjadi salah satu poin penting yang dipelajari dalam organisasi.

Dari kita memang tidak semua mampu untuk melakukan komunikasi yang baik, karena selain terkadang kita tidak tahu apa yang akan disampaikan juga merasa malu atau grogi.

Nantinya anda akan menjumpai berbagai jenis forum yang memang sengaja disediakan untuk mengasah publik speaking atau kemampuan berkomunikasi.

Anda akan dipaksa untuk menyampaikan sebuah pendapat terkait topik tertentu baik dilakukan di depan banyak orang atau secara empat mata, sampai bisa.

Jika anda mau aktif dan memiliki keinginan belajar yang tinggi, secara tidak langsung kemampuan komunikasi anda pasti akan terlatih sampai akhirnya mampu berkomunikasi dengan baik.

5. Memiliki Mental Baja

Dalam organisasi secara tidak sengaja anda akan menjumpai berbagai macam tekanan yang secara tidak langsung itu akan melatih mental kalian menjadi lebih kuat.

Mental menjadi salah satu modal penting bermasyarakat, sehingga dengan mental kuat yang dimiliki menjadikan anda siap menghadapi berbagai tekanan dan siap diterjunkan dimanapun maupun dipasangkan dengan siapapun.

Setidaknya dengan mental kuat yang terbangun saat berorganisasi anda akan menjadi sosok orang yang tegas, percaya diri serta tahan banting dari berbagai tekanan.

6. Mampu Menyelesaikan Masalah

Masalah walaupun tidak diharapkan selalu datang kapanpun dan dimanapun tanpa mengenal waktu.

Apalagi dalam organisasi tidak jarang anda nanti akan menemukan berbagai masalah baik besar atau kecil yang harus anda pecahkan bersama - sama.

Dari banyaknya masalah yang ada, anda akan dibelajabelajrari untuk menyelesaikan dan mengatasi semua masalah tersebut dengan tepat dan benar.

Anda akan terus dilatih tanpa mengenal menyerah sampai masalah yang sedang terjadi menemukan solusinya, entah itu masalah organisasi maupun masalah sosial.

Dari hal tersebut akan memudahkan kalian memecahkan suatu masalah karena saat aktif berorganisasi sudah biasa dengan berbagai masalah.

7. Membagi Waktu

Memilih aktif di organisasi saat menjadi mahasiswa otomatis akan merenggut waktu luang anda untuk turut serta dalam berbagai kegiatan organisasi.

Sehingga anda dituntut oleh keadaan untuk mampu membagi waktu dengan baik, antara waktu pribadi, waktu kuliah dan waktu organisasi.

Anda harus menentukan kapan masuk kuliah dan kapan aktif di organisasi serta kapan anda butuh waktu untuk beristirahat sejenak agar tidak jenuh dengan kegiatan kegiatan kampus.

Anda akan mampu menentukan dengan baik skala prioritas ketika dihadapkan dengan banyak tugas dan tuntutan yang harus dikerjakan saat anda sudah memilih aktif di organisasi.

8. Melatih Semangat Kerja Sama

Dalam organisasi egoisme harus ditinggalkan, karena anda tidak sendiri melainkan ada banyak orang yang memiliki hak yang sama, sehingga harus saling menghormati.

Dengan banyaknya anggota yang ada dalam organisasi anda harus mampu bekerjasama dan menyatukan pikiran atau gagasan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan lebih mudah.

Ketika anda sudah terbiasa menjalin kerja sama dengan orang lain, memungkinkan anda akan lebih mudah diterima dimanapun dan akan merasakan manfaatnya saat terjun ke dalam dunia kerja maupun masyarakat.

9. Menambah Relasi Baru

Beruntunglah anda jika memilih aktif di organisasi karena sudah pasti akan bertemu dengan teman baru, sahabat baru saudara baru dengan berbagai macam pemikiran.

Bahkan tidak menutup kemungkinan anda akan kenal dengan berbagai tokoh hebat baik di tingkat lokal maupun nasional.

Contoh kecil mahasiswa yang aktif di organisasi akan lebih mudah dikenal oleh para dosen bahkan rektor.

Dari relasi yang anda dapatkan nantinya akan menjadi sebuah jaringan yang tidak menutup kemungkinan akan bermanfaat di kemudian hari.

10. Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill

Baik Soft Skill atau Hard Skill menjadi salah satu hal yang harus dimiliki bagi setiap orang yang tidak ingin tergerus dengan perubahan zaman yang super cepat.

Para mahasiswa yang mengikuti organisasi tidak usah khawatir karena anda pasti akan menjumpai pembelajaran peningkatan Soft Skill dan Hard Skill.

Saat ini organisasi kemahasiswaan memberikan forum khusus untuk menumbuhkan soft skill dan Hard Skill yang dimiliki oleh para anggotanya.

Salah satu contoh bidang softskill ini dapat berupa kecerdasan sosial, kemampuan beradaptasi, kemampuan komunikasi, kecerdasan emosi, serta kemampuan untuk membangun hubungan interpersonal yang baik.

Dari berbagai pelatihan Softskill yang diberikan akan menunjang kemampuan hard skill yang anda miliki, dengan pelatihan pelatihan yang diberikan, seperti, menulis, desain grafis, programer dan lain sebagainya sesuai dengan kemampuan.

Baiklah sahabat mungkin cukup itu kumpulan manfaat organisasi bagi mahasiswa.

Semoga yang sedikit ini mampu menambahkan wawasan bagi anda dan memberikan manfaat.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak