BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W
BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Recent

Bookmark

Pelantikan FAD dan SAPA Sekaligus Sosialisasi Parenting di Desa Pesanggaran

Ibrahimy

Pena Laut - Desa Pesanggaran merupakan desa dengan berbagai lintas agama dan budaya yang sangat kental. Disamping itu masyarakatnya memiliki rasa toleransi yang tinggi. 

Senin, 05 September 2022 Desa Pesanggaran bersama Mahasiswa KKN IAI Ibrahimy Genteng mengadakan pelantikan FAD (Forum Anak Desa) dan SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) sekaligus sosialisasi parenting di pendopo Desa Pesanggaran.

Bertepatan dengan tema KKN yang diusung dari kampus IAI Ibrahimy Genteng yaitu "Menabur Bakti Membangun Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak".

Tujuan dibentuknya FAD dan SAPA yaitu sebagai wadah aspirasi untuk para remaja dan ibu-ibu di Desa Pesanggaran.

Terkait permasalahan yang dialami ibu-ibu dan para remaja sendiri khususnya di Desa Pesanggaran yaitu banyaknya fenomena kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, selain itu juga kenakalan remaja yang semakin merajalela sehingga mengakibatkan banyaknya pernikahan diusia dini.

Kurangnya perhatian orang tua juga sangat berpotensi untuk meningkatnya risiko terjadinya gangguan perilaku pada anak, seperti suka mencuri, membuat onar, dan melakukan tindakan bullying.

Dalam wawancara pada anggota FAD di forum pelantikan "Saya ingin mengadakan edukasi sex dan bahayanya narkoba, miras dan sebangsanya.

Karena disini banyak yang seperti itu, bahkan saya kemarin sehabis sekolah melihat anak SD mabuk-mabukan dan banyak yang putus sekolah karena menikah diusia dini" (wawancara dengan rindang, ketua FAD Desa Pesanggaran).

Di samping banyaknya problem yang ada di Desa Pesanggaran tersebut menjadi gertakan mahasiswa KKN Ibrahimy Genteng untuk mengadakan sosialisasi parenting setelah terselenggaranya pelantikan FAD dan SAPA.

Dengan melibatkan banyak pihak antara lain muslimat, fatayat, WHDI, WANDANI, star migran, guru TK, dan pemuda desa yang bertemakan "pentingnya peran keluarga di era digital 4.0". (Zak)

Posting Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak