BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W
BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Recent

Bookmark

Memahami Pengertian Organisasi, Tujuan dan Konsepnya Secara Lengkap

Pengertian Organisasi

Pena Laut - Secara umum pengertian organisasi mungkin sudah sahabat ketahui, mengingat organisasi sudah sering dijumpai disekitar kita, yang bisa diikuti sebagai wadah untuk mengeksplorasi potensi yang sahabat miliki.

Sebelum membahas pengertian organisasi, berikut contoh organisasi yangs mungkin sahabat sering dengar seperti OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) organisasi di kalangan pelajar, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) organisasi di kalangan mahasiswa, Karang Taruna organisasi di tingkat desa atau organisasi Internasional Kenegaraan seperti ASEAN.

Baiklah lalu seperti apa lebih jelasnya pembahasan tentang organisasi? silahkan sahabat baca tulisan ini yang mengulas tentang pengertian organisasi, konsep, tujuan dan manfaat organisasi.

Pengertian Organisasi Secara Umum

Secara bahasa organisasi berarti alat yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Organon.

Pengertian Organisasi menurut Wikipedia adalah sebuah wadah yang di dalamnya terdapat sekumpulan orang, yang tersusun secara sistematis dan memiliki visi yang sama untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organisasi adalah suatu kesatuan atau susunan yang terdiri atas orang-orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. 

Sedangkan dilansir dari Economics Discussion, dalam bahasa umum, kata 'organisasi' mengacu pada 'institusi'. Baik lembaga pendidikan, lembaga swasta, pemerintah maupun bisnis; semuanya bisa disebut organisasi.

Dari beberapa pengertian umum diatas bisa digarisbawahi, pengertian atau definisi organisasi adalah suatu kelompok yang terdiri atas dua orang  atau lebih yang saling bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut 10 pengertian organisasi menurut para ahli yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber, dibawah ini:

1. Malayu S.P. Hasibuan

Pengertian organisasi menurut Hasibuan, organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur, yang terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

2. Mistiani

Pengertian organisasi menurut Mistiani yaitu, suatu bentuk formal dari perkumpulan, kelompok atau sekumpulan seseorang yang memiliki tujuan yang bersifat pribadi.

3. Max Weber

Menurut Max Weber Organisasi adalah suatu kerangka terstruktur yang didalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

4. Matthias Aroef

Menurut Matthias Aroef bahwa sebuah organisasi akan terlaksana, jika sekelompok orang tersebut mampu bekerja sama untuk mencapai tujuannya.

5. W.J.S. Poerwadarminta

Pengertian organisasi menurut Poerwadarminta yaitu susunan dan ketetapan dari beraneka macam sisi, baik perorangan atau kelompok sampai menjadi satu kesatuan yang teratur.

6. Richard Scott

Menurut Richard Scott Organisasi merupakan suatu kolektivitas yang secara sengaja dibentuk untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan didasarkan pada asas keberlangsungan.

7. Stoner

Stoner berpendapat bahwa Organisasi adalah suatu pola hubungan melalui satu orang maupun sekelompok orang di bawah pengarahan manajer untuk mengejar tujuan bersama.

8. Victor A. Thompson

Organisasi merupakan suatu integrasi dari sejumlah orang yang ahli yang bekerja sama dengan sangat rasional dan impersonal untuk mencapai tujuan spesifik yang telah disepakati sebelumnya.

9. James D. Mooney

Menurut James D. Mooney organisasi adalah suatu bentuk perserikatan orang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati.

10. Schein

Organisasi adalah suatu bentuk koordinasi segala aktivitas yang rasional oleh sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu melalui pembagian dalam pekerjaan dan fungsi hirarki otoritas serta tanggung jawab masing-masing.

Baca Juga : Hustle Culture, Antara Banyak Fulus atau Tifus

Unsur - Unsur Organisasi

Untuk bisa menjalankan roda organisasi secara maksimal maka dibutuhkan unsur - unsur yang melengkapi suatu dasar organisasi, sehingga mampu berjalan dengan baik.

Adapun berikut beberapa unsur yang harus ada dalam organisasi diantaranya.

1. Anggota Organisasi

Anggota  menjadi unsur wajib organisasi yang menurut tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan yang bertugas mengatur organisasi secara umum, dimana pemimpin tersebut diambil dari perwakilan anggota organisasi.

2. Tujuan Organisasi 

Tujuan organisasi akan menentukan arah perjalanan organisasi untuk dapat mencapai suatu harapan atau visi besar organisasi dengan berbagai program yang akan dilaksanakan dengan berbagai prosedur.

3. Kerja Sama 

Dengan adanya kerja sama yang baik, akan lebih memudahkan dalam mencapai tujuan organisasi secara bersama, saling bahu membahu menjalankan organisasi. Sehingga adanya tingkatan anggota akan memudahkan dalam mengatur bagian kerja untuk menjalin kerja sama yang lebih baik.

4. Sarana dan Prasarana

Unsur yang satu ini merupakan faktor pendukung yang berguna untuk mempermudah mencapai suatu tujuan organisasi. Sarana disini bisa diartikan seperti materi, budget dan barang lainnya yang dapat menjadi tempat bekerja untuk berkumpul, serta fasilita kerja organisasi.

5. Komunikasi

Komunikasi pastinya sangat mempengaruhi suatu kinerja organisasi agar setiap anggota mampu bekerjasama dengan baik. Komunikasi dengan baik akan mendukung perkembangan organisasi menjadi lebih optimal sesuai dengan proses kerja yang sudah disiapkan.

Tujuan Organisasi

Setiap organisasi pasti memiliki tujuan yang berbeda secara khusus, namun secara umum organisasi memiliki tujuan hampir sama yang dijadikan sebagai tujuan dari pengembangan organisasi, diantaranya:

  • Meningkatkan kemandirian serta kemampuan dari sumber daya anggota organisasi yang dimiliki, sehingga mampu merealisasikan cita-cita bersama setiap anggota organisasi.
  • Menjadi wadah setiap anggota individu yang memang ingin memiliki penghargaan atau pengakuan baik bagi para anggota dan organisasinya sendiri.
  • Wadah untuk mencari sesuatu keuntungan bersama dengan kerja sama yang sudah terbagi dengan baik.
  • Meraih cita-cita atau visi besar secara efektif dan efisien sesuai dengan yang sudah ditentukan pada awal pembentukan sebuah organisasi.
  • Wadah untuk memiliki pengawasan serta kekuasaan.

Ciri - Ciri Organisasi

Sudah sepatutnya organisasi pasti memiliki ciri khusus yang melekat untuk membedakan organisasi dengan aktivitas lainnya. Adapun ciri - ciri iri organisasi diantaranya sebagai berikut: 

  1. Memiliki Anggota atau sekelompok orang di dalamnya.
  2. Memiliki tujuan organisasi yang ingin dicapai bersama. 
  3. Saling bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi
  4. Memiliki  peraturan yang dibuat untuk kepentingan organisasi. 
  5. Setiap anggota mempunyai tugas dan wewenang tersendiri.

Jenis Organisasi

Melihat begitu banyaknya organisasi yang ada, sehingga organisasi terbagi kedalam beberapa jenis. Adapun jenis - jenis organisasi tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Berdasarkan Hubungan Personal

Secara hubungan personal organisasi dibagi menjadi dua yaitu  formal dan informal . Organisasi formal biasanya bersifat resmi dan terkadang memiliki badan hukum.

Sedangkan  organisasi informal biasanya terbentuk karena adanya kesamaan minat atau keahlian tertentu serta suatu kebutuhan bersama, tanpa mementingkan legalitas secara hukum.

2. Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuan organisasi terkadang ada yang bertujuan untuk sosial dan bersifat non-profit dan serta organisasi profit yang memang fokus mencari keuntungan , seperti organisasi bisnis atau dagang.

3. Berdasarkan Wilayah

Organisasi terbagi berdasarkan wilayah kerja, karena setiap organisasi pasti menempati suatu wilayah tertentu. Sehingga organisasi dikelompokan sesuai wilayah kerjanya, ada organisasi yang bersifat lokal seperti Karang taruna, kemudian nasional seperti Budi Utomo (1908) dan organisasi internasional seperti PBB (Persatuan Bangsa Bangsa).

4. Berdasarkan Penerima Manfaat

Tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat dari organisasi, karena ada organisasi jenis mutual benefit organization yang bisa dinikmati oleh anggota organisasi saja.

Kemudian ada organisasi commonwealth organization yang bisa dinikmati masyarakat umum, lalu service organization bisa dinikmati oleh pelanggan khusus, dan business hanya dinikmati para konsumennya.

Konsep Organisasi Ideal

Jalannya sebuah organisasi pasti ditunjang oleh sumber daya yang mumpuni serta manajemen organisasi yang disepakati.

Sehingga ada beberapa catatan yang harus dilaksanakan agar organisasi tersebut bisa dikatakan ideal, yaitu: 

  • Setiap organisasi harus memiliki tujuan dan sasaran utama yang jelas dan dicapai bersama-sama, artinya organisasi tersebut diciptakan untuk kepentingan anggota bersama, bukan kepentingan pribadi.
  • Harus terdapat aturan yang tertulis dalam organisasi yang harus ditaati oleh setiap anggota, guna mengatur dan mengarahkan organisasi agar dapat terkendali dan terorganisir.
  • Organisasi harus selalu mengedepankan kerja team dan selalu terkoordinasi dalam menjalankan tugas, antara pemimpin dan anggotanya, serta dalam pengambilan keputusan tertentu harus melalui forum musyawarah.

Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai organisasi, mulai dari pengertian, tujuan, unsur, ciri-ciri dan konsep organisasi yang ideal.

Apabila organisasi mampu dijalankan dengan maksimal pasti akan mendatangkan dampak positif dan banyak manfaat bagi anggotanya.

Seperti bisa mengembangkan skill, mendapatkan pengalaman baru, memperluas pergaulan, dan lain sebagainya.

Lebih lengkap sahabat bisa baca artikel Manfaat berorganisasi bagi pemuda atau mahasiswa atas segala kekurangan kami mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Komunikasi Organisasi

Posting Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak