BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W
BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Recent

Bookmark

Mahasiswa Bukan Sekedar Identitas

Oleh : Nira Tri Utami ( Gubernur Fakultas Tarbiyah IAI Ibrahimy )

pmii Ibrahimy

Pena Laut - Mendengar kata organisasi, tentunya sangatlah tidak asing lagi bagi kita semua, semenjak kita mengenyam bangku pendidikan. Kita semua pastinya sudah tau walaupun kita belum berkecimpung didalamnya.

Setiap orang yang hidup pastinya membutuhkan interaksi dan sosialisasi terhadap sesamanya. Sama halnya dengan siswa dan mahasiswa, tetapi mereka berdua itu sudah jelas berbeda.

Menjadi mahasiswa bukan hanya belajar saja melainkan mempunyai tanggung jawab yang menanti mereka sebagai agent of change dan agent of control.

Mahasiswa sering diidentikan dengan hal yang unik, bahwasanya memiliki kelebihan dalam segala hal ketika berada dimasyarakat dan lebih diunggulkan. Namun, apakah menjadi mahasiswa itu hanya cukup duduk diam mengikuti perkuliahan secara rutin di kampus saja? Jawabanya tidak.

Menurut saya sangatlah sia-sia bagi mahasiswa yang masih terlalu over pada kegiatan yang hanya memprioritaskan sebuah angkatan pada implementasinya.

Mahasiswa tentu berbeda dengan siswa, mahasiswa sudah berada pada level yang lebih tinggi dibandingkan siswa. Menjadi seorang mahasiswa harus memiliki rasa sosial dan tanggungjawab yang tinggi.

Dan untuk mendapatkan itu semua mahasiswa harus bergerak dari zona nyaman ke zona yang lebih menantang untuk melakukan perubahan. Dengan berorganisasi, maka mahasiswa akan tahu jawaban dari semua itu.

Organisasi adalah sekumpulan dua orang atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama dan struktural. Organisasi menjadi tempat yang tepat untuk mahasiswa yang belum menemukan jati dirinya, yang nantinya mahasiswa akan banyak belajar karena sering terbentur.

Berbicara mengenai manfaatpun hasilnya tentu berbeda antara individu yang satu dengan individu lainnya.

Kelembagaan, organisasi dan kepemimpinan adalah hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Kelembagaan adalah tempat dimana kita melakukan interaksi yang berpusat pada aktifitas-aktifitas untuk memenuhi hal-hal yang sudah direncanakan.

Sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain, agar sesuai dengan apa yang diperintahkan.

Didalam organisasi mahasiswa dapat berkumpul, saling bertukar pikiran, dan bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. 

Sangatlah penting organisasi bagi mahasiswa dimana dalam organisasi mahasiswa bisa melatih komunikasinya, menurunkan ego, dan menumbuhkan rasa empati terhadap orang disekitarnya.

Pada organisasi selalu terbentuk struktur-struktur keorganisasian yang harus dijalankan bagi semua orang yang telah masuk didalam organisasi tersebut dan pastinya, ketika sudah mendapatkan jabatan yang didudukinya maka tanggung jawab yang dipikul akan jauh lebih berat dan itu tantangan yang sangat menarik tentunya.

Meningkatkan wawasan, membentuk pola pikir, menjadi kuat dalam menghadapi tekanan, belajar mengatur waktu dan lain sebagainya. Hal  itu pastinya akan dirasakan bagi mahasiswa yang sudah berkecipung dalam organisasi. 

Nah Berbahagialah kalian yang sudah memiliki organisasi sampai saat ini dengan itu kalian semua sudah berada dijalan yang benar untuk menjadi mahasiswa yang sebenarnya sebagai agent of change atau generasi perubahan, generasi pengontrol dan generasi penerus.

Dan bagi kalian nih, mahasiswa yang belum berorganisasi lalu kapankah kalian akan memulai untuk berorganisasi ? Manfaatkan usiamu dengan kegiatan yang sangat bermanfaat disaat menjadi mahasiswa menikmati masa-masa indah dan masa itu tidak akan terulang.

Mahasiswa selain berprestasi dibidang akademis karena tuntutan keluarga juga harus mampu aktif berorganisasi sesuai dengan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat, agama, bangsa dan negara.

Editor : Irham Muzaki

Baca Juga : Aktivis Perempuan

Posting Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bijak